VISI PRODI PGMI

Mencetak Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang profesional, berprestasi dan berakhlak mulia.

MISI PRODI PGMI

  1. Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) secara efektif dan efisien, sehingga menghasilkan lulusan yang profesional, berprestasi dan berakhlak mulia.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)secara mandiri, unggul dan berkelanjutan serta mempublikasikannya sebagai upaya pengembangan ilmu pendidikan khususnya ilmu keguruan Madrasah Ibtidaiyah.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang relevan dengan kebutuhan masyarakat sebagai upaya mengembangkan kompetensi dosen dan mahasiswa.
  4. Memberikan layanan administrasi dan akademik yang berorientasi pada mutu.

TUJUAN PRODI PGMI

  1. Menghasilkan sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang profesional, berprestasi, berakhlak mulia dan memiliki integritas sehingga mampu berkiprah di lingkungan kerja, baik sebagai pendidik di Madrasah Ibtidaiyah, peneliti, penulis, enterpreneur pendidikan/edupreneur, pengelola pendidikan, konsultan pendidikan, trainer, atau pembelajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
  2. Menghasilkan inovasi-inovasi pendidikan, pembelajaran,penelitian dalam Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga di dalam negeri.
  3. Mempublikasikan karya ilmiah melalui forum serta terbitan ilmiah tingkat regional dan nasional.
  4. Mampu menyelesaikan masalah pendidikan dan sosial di masyarakat khususnya yang berkaitan dengan pendidikan madrasah ibtidaiyah.
  5. Memberikan pelayanan administrasi dan akademik yang baik dengan berorientasi pada mutu.

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA

Sasaran Program Studi:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) memiliki 10 (sepuluh) sasaran spesifik untuk mencapai empat tujuan yang telah dirumuskan dalam misi program studi. Sasaran yang dimaksud diuraikan di bawah ini.

  1. Memiliki kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang berbasis SN-DIKTI KKNI.
  2. Memiliki tenaga pendidik yang kompeten sesuai dengan mata kuliah yang diampu.
  3. Memiliki media pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sesuai kebutuhan.
  4. Menguasai strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa.
  5. Memiliki sistem pengendalian mutu Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
  6. Membina dan memperluas jaringan dengan lembaga-lembaga yang sejalan dengan visi dan misi keilmuan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
  7. Memiliki database karya ilmiah yang bermutu.
  8. Memiliki kepekaan sosial, motivasi berpartisipasi, dan mampu menerapkan ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah di masyarakat.
  9. Memiliki tenaga kependidikan yang kompeten.
  10. Memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

Strategi Program Studi:

Perumusan strategi disusun berdasarkan analisis variabel eksternal dan internal untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

Strategi untuk mencapai sasaran 1 adalah:

  1. Melaksanakan analisis dan evaluasi variabel internal dan eksternal secara periodik dalam menetapkan kurikulum, dengan memperhatikan kompetensi utama, pendukung dan lain-lain, selambat-lambatnya 4 tahun sekali.
  2. Menyempurnakan kurikulum yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan masyarakat, kebutuhan belajar mahasiswa, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan senantiasa mengacu kepada substansi kurikulum yang berlaku secara nasional.
  3. Me-review Silabus dan menyusun Rencana Program Semester (RPS).
  4. Melengkapi sarana pembelajaran.

Strategi untuk mencapai sasaran 2 adalah:

  1. Menetapkan dan menyusun formasi tenaga pengampu mata kuliah berdasarkan kompetensi yang dimiliki.
  2. Menyusun bahan ajar yang sesuai denngan Silabus dan RPS.
  3. Melakukan umpan balik dengan mengirim kuesioner kepada mahasiswa terhadap kompetensi dosen.
  4. Memberikan kesempatan studi lanjut dan menugaskan untuk mengikuti kegiatan seminar ilmiah dan lokakarya.

Strategi untuk mencapai sasaran 3 adalah:

  1. Melakukan investasi media pembelajaran yang cukup dan layak sesuai dengan kemampuan keuangan.
  2. Melaksanakan program pemeliharaan media pembelajaran secara tertulis sehingga selalu siap untuk digunakan.
  3. Melakukan umpan balik atas ketersediaan media pengajaran.

Strategi untuk mencapai sasaran 4 adalah:

  1. Melaksanakan pelatihan inovasi-inovasi pembelajaranuntukmemperoleh strategi, pendekatan, model, metode dan teknik pembelajaran yang efektif dan efisien.
  2. Melaksanakan pelatihanstrategi, pendekatan, model, metode dan teknik pembelajaran yang dipilih.
  3. Melakukan umpan balik atas pelaksanaan strategi, pendekatan, model, metode dan teknik pembelajaran yang dipilih.

Strategi untuk mencapai sasaran 5 adalah:

  1. Melaksanakan analisis dan evaluasi sistem yang sedang berjalan.
  2. Menetapkan bagan organisasi, wewenang, fungsi, tugas dan tanggung jawab.
  3. Membangun sistem pengendalian mutu program studi yang tangguh, efisien dan efektif.
  4. Menganalisis dan mengevaluasi sistem evaluasi yang sedang berjalan.
  5. Menetapkan standar sistem evaluasi.
  6. Melakukan umpan balik untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Strategi untuk mencapai sasaran 6 adalah:

  1. Bergabung dalam asosiasi profesi.
  2. Meningkatkan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris.
  3. Membangun akses terhadap jaringan kerja dalam bidang pendidikan dan keguruan.
  4. Menyusun program kerjasama yang proporsional dan berguna untukmembuka wawasan mahasiswa menuju orientasi dunia kerja maupun wirausaha.

Strategi untuk mencapai sasaran 7 adalah:

  1. Mengadakan pelatihan administrasi berbasis ICT.
  2. Melakukan studi banding dengan Perguruan Tinggi yang sudah berbasis ICT.

Strategi untuk mencapai sasaran 8 adalah:

  1. Menciptakan lingkungan kampus yang dapat memotivasi peningkatan akhlak mahasiswa.
  2. Melibatkan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan keagamaan.
  3. Melakukan kunjungan ke Panti Sosial, kawasan rawan banjir, dan daerah-daerah tertinggal.

Strategi untuk mencapai sasaran 9 adalah:

  1. Menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan dan keorganisasian.
  2. Menyelenggarakan pelatihan penyusunan proposal pengabdian kepada

Strategi untuk mencapai sasaran 10 adalah:

  1. Menyiapkan sarana prasarana berbasis ICT.
  2. Melakukan umpan balik pelayanan administrasi.
KURIKULUM

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat matakuliah/modul/blog yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi matakuliah/modul/blog, silabus, rencana pembelajarandan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills danketerampilan kepribadian dan perilaku (soft skills)yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Kopetensi

Uraian secara ringkas kompetensi utama lulusan

Secara bahasa, kompetensi adalah akumulasi kemampuan seseorang dalam melaksanakan suatu deskripsi kerja secara terukur melalui asesmen yang terukur, mencakup kemandirian dan tanggung jawab individu pada bidang kerjanya. Untuk Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sebagai suatu institusi pendidikan, maka yang memberi pengakuan kemampuan kerja adalah masyarakat pengguna termasuk pemerintah daerah, dan lain-lain. Produk yang dihasilkan adalah Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Berdasarkan pemikiran di atas, maka Kompetensi Lulusan Strata Satu (S1) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) disusun dan dikembangkan berdasarkan: profil lulusan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) melalui analisis SWOT dengan mengacu pada tata nilai Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim, visi dan misi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan hasil keputusan rapat tim pengembangan kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Kompetensi tersebut dikelompokkan ke dalam Kompetensi Umum, Kompetensi Utama, Kompetensi Pendukung dan Kompetensi lainnya yang diuraikan berikut ini:

Standar Kompetensi Umum

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama, serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

Standar Kompetensi Utama

  1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
  2. Menguasai teori-teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah.
  3. Mengembangkan kurikulum pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah yang mendidik dan bermakna.
  5. Mengembangkan media pembelajaran, terutama yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi secara kreatif untuk menciptakan pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah yang bermakna, efisien, dan efektif.
  6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik melalui kegiatan pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah.
  7. Berkomunikasi dengan peserta didik secara efisien, efektif, empatik, dan santun.
  8. Merancang dan menyelenggarakan penilaian dan evaluasi hasil belajar yang variatif dan komprehensif.
  9. Melaksanakan tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah.
  10. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan budaya nasional Indonesia.
  11. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik maupun masyarakat.
  12. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
  13. Memiliki etos kerja, tanggung jawab, percaya diri, dan rasa bangga menjadi guru.
  14. Menjunjung kode etik profesi guru.
  15. Bersikap inklusif, bertindak objektif, dan tidak diskriminatif atas pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latarbelakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
  16. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, atasan atau pimpinan, orangtua, dan masyarakat.
  17. Berkomunikasi ilmiah dengan komunitas profesi guru maupun profesi lain secara lisan dan tertulis.
  18. Menguasai kompetensi inti, kompetensi dasar, dan materi pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah.
  19. Mengembangkan materi pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah yang kreatif, sistematis, dan komprehensif.
  20. Merancang dan melaksanakan penelitian dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sesuai dengan paradigma dan isu-isu terkini.
  21. Mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
  22. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untukmengembangkan profesionalisme diri sebagai guru Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Sesuai dengan visi, misi, dan tujuan program studi, kompetensi pendukung lulusan adalah:

  1. Menampilkan diri sebagai pribadi yang bertakwa, cendekia, mandiri dan berakhlak mulia serta menjadi teladan bagi peserta didik maupun masyarakat.
  2. Berkomunikasi ilmiah secara tertulis maupun lisan dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing secara efisien, efektif, dan estetis.
  3. Mengenali dan memiliki kepedulian terhadap berbagai masalah dalam bidang ke-PGMI-an maupun dalam masyarakat dan berperan serta dalam menyelesaikannya.
  4. Mengenali dan memiliki kepedulian serta mampu beradaptasi terhadap keragaman sosial budaya dalam skala global, nasional, maupun terhadap kearifan lokal.

Sesuai dengan visi, misi, dan tujuan program studi, kompetensi lainnya atau kompetensi tambahan adalah:

  1. Memiliki jiwa kewirausahaan, seperti keingintahuan, keberanian, dan kegigihan atau daya juang yang tinggi.
  2. Menghasilkan karya ilmiah kreatif dalam bidang ke-PGMI-an yang merupakan hasil penelitian maupun hasil pemikiran serta mempresentasikan atau mempublikasikannya melalui forum maupun jurnal ilmiah.


ADMINISTRASI MAHASISWA PGMI

  1. Pendaftaran Mahasiswa Baru
  2. Herregistrasi per semester
  3. UKMT selanjutnya menerima KHS
  4. Kuliah Kerja Nyata (KKN)
  5. PPL 1 ( Micro Teaching)
  6. PPL 2 ( Reeal Teaching)
  7. Bimbingan skripsi
  8. Ujian Munaqosah Skripsi
  9. Ujian Lisan
  10. Yudisium
  11. Wisuda