SENI TARI TRADISIONAL DI INDONESIA

Oleh : Melia Zuliantina Putri

SENI TARI

Seni tari adalah seni yang menggunakan gerakan tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan mengungkapkan perasaan, maksud danpikiran. Tarian merupakan perpaduan dari beberapa unsur yaitu raga, irama, dan rasa.ari adalah gerakan tubuh sesuai dengan irama yang mengiringinya.

Tari juga berarti ungkapan jiwa manusia melalui gerak ritmis, sehingga dapat menimbulkan daya pesona. Yang dimaksud ungkapan jiwa adalah meliputi cetusan rasa dan emosional yang disertai kehendak. Menurut Dr Soedarsono, tari adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerak-gerak ritmis yang indah.

Gerakan pada seni tari diiringi dnegan musik untuk mengatur gerakan penari dan menyampaikan pesan yang dimaksud. Seni tari memiliki geraka berbeda dari gerakan sehari-hari seperti berjalan.  Gerakan pada tari tidak realistis tetapi ekpresif fan estetis. Agar sebuah tarian harmonis, tarian harus memiliki unsur tersebut. Gerakan seni tari melibatkan anggota badan. Unsur- unsur anggota badan tersebut didalam membentuk gerak tari dapat berdiri sendiri, bergabung ataupun bersambungan.

Tarian tradisional adalah tarian yang dimiliki oleh suatu daerah, dan tarian itu masih dijaga dari dulu hingga sekarang. Tarian Tradisional di Indonesia diantaranya yaitu:

  1. Tari Bedhaya Ketawang

Adalah tarian yang memiliki makna bahwa penari wanita yang berasal dari negri istana langit. Awal mulanya, tarian ini biasanya hanya untuk acara resmi yaitu menghibur rakyat. Tarian Bedhaya Ketawang ini dilakukan oleh sembilan orang penari wanita. Sembilan wanita ini melambangkan wali songo ataupun arah dari mata angin. Penari-penari ini mengenakan kostum pengantin adat jawa beserta aksesoris nya. Alat musik yang digunakan untuk mengiringi tarian ini adalah gendhing ketawang atau bisa juga oleh alat musik tradisional seperti gamelan.

  1. Tari Ronggeng

Adalah tarian yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Tarian ini memiliki ciri khas yaitu pada gerakannya. Karena gerakannya mengandung unsur sensual. Asal mula tarian ronggeng ini adalah tarian yang digunakan untuk upacara, yaitu upacara meminta kesuburan tanah dan diringi oleh alat musik rebab dan gong.

  1. Tari Kecak

Siapa yang tidak mengetahui tarian kecak? Semua pasti sudah tahu. Tari kecak adalah tarian dari daerah Bali. Tarian ini menjadi ciri khas dari daerah Bali. Tari Kecak menceritakan tentang Ramayana, penarinya adalah laki-laki. Tarian kecak ini adalah karya dari Wayan Limbak dan Pelukis Jerman bernama Walter Spies tahun 1930  an.

  1. Tari Lilin

Adalah tarian khas dari daerah Sumatera Barat. Tari tradisional dari Sumatera Barat ini berasal dari istana pada zaman dahulu. Para penari tarian ini menggunakan piring kecil yang terdapat lilin menyala diatasnya. Tarian ini biasa dimainkan pada malam hari. Menurut sejarah yang berkembang di masyarakat, tarian ini bermula dari kisah seorang gadis yang telah ditinggalkan oleh tunangannya. Selama ia ditinggalkan, gadis itu kehilangan cincin tunangannya. Gadis itu mencari-cari cincinnya sampai malam hari. Gadis itu menggunakan lilin yang berada diatas piring kecil. Saat ia mencari, gerakan tubuhnya yang gemulai, berdoa, dan membungkuk begitu indah. Sehingga menjadikannya sebuah gerakan tarian oleh gadis-gadis desa. Alat musik yang biasanya mengiringi tarian ini adalah biola, gong, kenong, bonang,dan gitar.

  1. Tari Saman

Adalah tarian yang berasal dari daerah Aceh. Tarian ini berasal dari suku Gayo dan ditampilkan untuk merayakan peristiwa penting dalam adat di Aceh. Dalam beberapa cerita, dikatakan bahwa tarian saman ini dikembangkan oleh Syekh Saman. UNESCO telah menetapkan tarian saman sebagai daftar representatif budaya tak benda warisan manusia dalam komite ke-6 yaitu komite antar pemerintah untuk perlindungan warisan budaya tak benda pada 24 November 2011.

  1. Tari Angsa

Adalah tarian dari daerah Jawa Tengah. Tarian ini bercerita tentang keagungan seorang dewi yang didampingi oleh sekelompok penari angsa. Tarian angsa ini biasanya dilakukan berpasang-pasangan. Gitar, gendang, dang degung adalah alat musik yang mengiringi tarian ini.

  1. Tari Serimpi

Adalah tarian tradisional dari daerah Yogyakarta. Asal mulanya, tarian serimpi ini hanya digunakan untuk acara pergantian raja di istana Jawa Tengah. Tarian ini biasanya dimainkan oleh 4 orang penari wanita. Ada makna dibalik empat penari itu, yakni unsur api, angin, air, dan bumi. Tetapi, seiring dengan perkembangan zaman. Anggota penari bertambah menjadi lima. Pakaian atau kostum yang biasa digunakan adalah pakaian pengantin putri keraton. Dan alat musik yang mengiringi tarian ini adalah musik tradisional gamelan.

  1. Tari Oglek

Oglek adalah salah satu kesenian rakyat tradisional Kulon Progo. Kesenian satu ini berupa tari-tarian. Termasuk jenis tarian berkelompok. Dipentaskan di tempat terbuka. Biasanya durasinya antara 1 sampai 2 jam. Jadi, bisa dibilang cukup lama Sob.