BAKTI SOSIAL

PEDULI GARUT 2016

Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi manusia. Bencana alam merupakan peringatan untuk kita bahwa seharusnya kita bisa menenggunakan atau memanfaatkan alam sesuai dengan manfaatnya. Di Indonesia sering terjadi bencana alam, apalagi pada musim hujan seperti pada saat ini. Salah satu wilayah yang ada di Indonesia yang terkena bencana bajir saat ini yaitu wilayah Garut Jawa Barat. Banjir bandang tersebut terjadi mungkin karena adanya curah hujan yang sangat tinggi dan longsor dari pemukiman yang datarannya  lebih tinggi sehingga air dari dataran tinggi secara lagsung akan mengalir deras di daerah tersebut.

HIMA Prodi PGMI STITMA Tuban adalah suatu organisasi yang memiliki beberapa progam kerja yang bernaungan dibawah STITMA Tuban, salah satu dari progam kerja tersebut yaitu untuk bersosialisasi untuk membantu sesama yang sedang kesusahan. Salah satu kegiatan dari bakti sosial HIMA Prodi PGMI STITMA Tuban yaitu ikut serta membantu korban bencana banjir bandang yang ada di wilayah Garut Jawa Barat dengan bekerja sama dengan UKM Mapala “El-Heera” dan Posko Siaga SAR Kabupaten Tuban. Kegiatan tersebut berbentuk penggalangan dana dari mahasiswa STITMA Tuban dan berada di perempatan jalan yang ada di Kecamatan Tuban seperti di perempatan GOR, Jl. Pemuda, Perempatan Polres Tuban dan lain-lain.

Kegiatan penggalangan dana peduli Garut tersebut dilaksanakan pada senin sampai rabu tanggal 25 – 27 September 2016. Dalam penggalangan tersebut, ada beberapa anggota dari HIMA Prodi PGMI yang ditugaskan untuk mengikuti penggalangan dana peduli Garut. Pada tanggal 24 Anggota HIMA Prodi PGMI STITMA Tuban mengikuti koordinasi bersama peduli bencana Garut yang ada di Kecamatan Tuban, dalam koordinasi tersebut menghasilkan pembagian tim untuk penggalangan dana di tiap perempatan jalan yang ada di Kecamatan Tuban dan penggalangan dana dari masing-masing sekolah ataupun kampus anggota yang akan mengikuti penggalangan dana tersebut. Di hari yang sama pada Ahad, 24 September 2016, semua anggota HIMA Prodi PGMI STITMA Tuban juga melakukan penggalangan dana di Kampus STITMA Tuban dengan sasaran mahasiswa STITMA Tuban.

Pada penggalangan dana di tiap perempatan yang ada di Kecamatan Tuban, kami diharuskan untuk izin ke PemDa Pemerintah Daerah) Kecamatan Tuban agar kegiatan penggalangan dana peduli Garut ini memang benar adanya bukan untuk menipu warga Tuban. Dari penggalangan dana tersebut total keseluruhan uang yang didapat sekitar 13 juta rupiah, dana tersebut pada tanggal 30 September di kirim langsung oleh anggota Posko Siaga SAR Tuban. Untuk penggalangan dana Peduli Garut, kita hanya menerima bantuan berupa uang, untuk bantuan berupa pakaian kita tidak menerimanya dikarenakan ada kendala ketika nantinya untuk pengiriman.

Dari penggalangan dana ini, HIMA Prodi PGMI STITMA Tuban mampu membuktikan bahwa mahasiswa STITMA mampu untuk bersosialisasi, peduli terhadap sesama maupun membentuk kaderisasi yang bertanggung jawab. Karena pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu bertanggung jawab untuk sesama.