Sabtu, 21 Juli 2018, diadakan Ujian Komprehensif untuk mahasiswa-mahasiswa semester 8 di STITMA Tuban. Ujian Komprehensif sendiri dimaksudkan untuk mengukur tingkat penguasaan mahasiswa terhadap materi-materi perkuliahan yang sudah diambil. Dengan melaksanakan Ujian Komprehensif, diharapkan mahasiswa mampu mempresentasi kemampuan dan penguasaan materi keilmuan, khususnya spesialisasi keilmuan program studi.

Materi yang diujikan dalam Ujian Komprehensif meliputi : keseluruhan bahan perkuliahan, pemahaman keislaman, pengetahuan pendidikan, dan wawasan kebangsaan. Selain itu juga diujikan materi keilmuan dan keterampilan sesuai dengan masing-masing program studi, dalam hal ini Program Studi Pendidikan Agama Islam (PRODI PAI) dan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PRODI PGMI).

 

Sebanyak 279 mahasiswa yang mengikuti Ujian Komprehensif di STITMA Tuban pada Juli 2018. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para mahasiswa ini untuk bisa mengikuti Ujian Komprehensif. Diantaranya :

  1. Mahasiswa telah lulus semua mata kuliah, baik teori maupun praktik, dibuktikan dengan transkip nilai
  2. Mahasiswa telah lulus ujian skripsi
  3. Mahasiswa terdaftar sebagai mahasiswa aktif di STITMA Tuban

Pelaksanaan Ujian Komprehensif ini dibagi menjadi 15 belas majelis dan masing-masing majelis terdiri dari 2 dosen penguji materi kuliah keislaman dan pengetahuan umum. Jadwal Ujian Komprehensif ini dilakukan setiap setahun sekali, setelah mahasiswa-mahasiswa mengikuti ujian skripsi.

Ketua panitia Ujian Komprehensi, Sholikhah, M.Pdi, berharap ujian bisa berjalan dengan lancar, semua peserta mampu menjawab, dan  memenuhi kualifikasi standar mutu lulusan. Pelaksanaan Ujian Komprehensi bisa menjadi tolok ukur dan meningkatkan kualitas lulusan STITMA Tuban, sehingga nantinya mampu menerapkan ilmu yang diperoleh ke dalam masyarakat tempat mereka mengabdi.

Leave a Comment