Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) merupakan salah satu lomba yang diadakan dalam rangka Harlah XXX STITMA Tuban. Ada dua lomba MHQ yang diadakan, yaitu : MHQ Anak dan MHQ Remaja.

MHQ kategori anak ini mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat, baik sektor formal maupun non formal. Terbukti ada 78 peserta yang mengikuti perlombaan ini.

Para peserta tidak hanya berasal dari Kecamatan Tuban, tetapi juga dari kecamatan-kecamatan lain.

Untuk penjurian, dilakukan oleh Ust. Imam Syarif, S.Pdi Dan Ust. Ali Mustofa, S.Pdi. Parameter penilaian lomba MHQ antara lain : tajwid, fashohah, dan kelancaran.

Teknis pelaksanaan lomba, setiap peserta maju sesuai dengan nomor yang dipanggil, memilih amplop pertanyaan, lalu menyerahkannya pada panitia. Setelahnya peserta membacakan hafalan Al Qur’an sesuai dengan instruksi di dalam amplop pertanyaan.

Khusus lomba MHQ Anak, perlombaan dilakukan dua tahapan : penyaringan dan final. Dari 78 peserta, ada 10 anak dengan nilai terbaik masuk ke babak final.

Setelah melaksanakan tahapan seleksi final dari 10 peserta terbaik, ada 6 peserta yang terpilih sebagai juara utama dan juara harapan.

Berikut nama-nama juara lomba MHQ Anak :

JUARA 1 Ashif Amalia (TPA Manbail Futuh)

JUARA 2 Sabilatun Najah (TPA Manbail Futuh)

JUARA 3 Abid Ahnafa (SDIT Al Uswah Tuban)

JUARA HARAPAN 1 Imrotul Azizah (MI Salafiyah Plumpang)

JUARA HARAPAN 2 Rifa Arian A (MI Manbail Futuh)

JUARA HARAPAN 3 Kaindra Aryanta (MI Hidayatun Najah)

Leave a Comment