Seminar Nasional Pendidikan Entrepreneur

Kebutuhan akan pendidikan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini bukan saja tentang bagaimana memintarkan seorang anak, tetapi juga tentang bagaimana mempersiapkan anak untuk menata masa depannya. Tidak heran, orang tua selalu berusaha memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Salah satunya dengan menyekolahkan mereka di lembaga pendidikan yang dinilai memenuhi kriteria dan menjamin lulusannya menjadi SDM yang berkualitas. Fakta ini menunjukkan bahwa permintaan akan lembaga pendidikan yang bermutu semakin meningkat. Banyak pihak yang menyadari dan mulai menangkap ini sebagai peluang.

Mengisi Daftar Hadir Peserta Seminar
Pembukaan Acara Seminar

Untuk menjadikan sebuah sekolah menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas tentunya tidak lepas dari bagaimana sekolah tersebut dikelola. Manajemen sekolah merupakan faktor yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Dengan adanya sistem yang baik dalam manajemen di sekolah, maka komponen-komponen di dalamnya, seperti guru-guru, staf-staf, orang tua siswa, masyarakat, serta siswa-siswa yang belajar di sana bisa terkondisikan dengan baik.

Ramainya Peserta Seminar

Saat ini, banyak sekolah mulai berbenah mengejar ketertinggalan. Di sinilah peran kepemimpinan yang efektif dibutuhkan kehadirannya karena dinilai mampu menentukan arah kebijakan sekolah tersebut. Fungsi kepala sekolah sangat penting sebagai driver kemajuan sekolah. Berhasil tidaknya pengelolaan sekolah berada di tangannya.

Sambutan Ketua STITMA Tuban sekaligus Ketua LP Ma’arif NU

Hal inilah yang ditangkap oleh STITMA Tuban. Menyadari betapa pentingnya hal ini, khususnya untuk sekolah-sekolah berbasis agama Islam di Tuban, STITMA mengundang kepala sekolah–kepala sekolah untuk mengikuti seminar kewirausahaan, sekaligus untuk pengukuhan kerjasama antara STITMA Tuban dengan PC dan LP Ma’arif NU.

Penyampaian Materi Seminar oleh Pemateri

Seminar yang bertajuk “Mengembangkan Lembaga Pendidikan dengan Pendekatan Entrepreneur” ini diadakan pada hari Sabtu, 27 Januari 2018, bertempat aula lantai 3 gedung baru STITMA. Pembicara yang diundang untuk acara ini adalah bapak Drs. Muh. Molik Latief Cht. MNLP. Beliau seorang entrepreneur, motivator, CEO Nurul Hayat, dan sosok yang inovatif.

Seminar Nasional Pendidikan Entrepreneur

Untuk semakin mengukuhkan kerjasama dengan PC dan LP Maarif NU yang ada di Tuban, STITMA memberikan beasiswa kepada siswa-siswa dari LP Ma’arif NU. Pemberian beasiswa ini dilakukan oleh ketua STITMA langsung kepada perwakilan sekolah dan siswa.

Pemberian Beasiswa kepada Siswa-siswi dari LP Ma’arif NU
Penerima Beasiswa dari LP Ma’arif NU

Dalam seminar ini, bapak Molik mengemukakan tentang pentingnya menjadi sosok pendidik yang kreatif dan inovatif, khususnya kepala sekolah, untuk mengelola lembaga pendidikannya. Dengan menjadi sosok yang kreatif, juga berani, para pendidik akan mampu memberikan sumbangsih besar terhadap kemajuan lembaga pendidikan dan siswanya.

Menjadi kreatif dan inovatif, membuat kepala sekolah mampu lebih jeli menangkap peluang serta kesempatan untuk mengembangkan lembaganya dan memotivasi karyawan-karyawannya. Kepala sekolah diharapkan memiliki karakter seorang entrepreneur, seperti : antusias, menghargai waktu, melihat masalah sebagai tantangan, berpikiran positif, peka terhadap peluang, dan memikirkan kebaikan orang banyak.

Antusiasme Peserta Seminar

Selama menerima materi dalam seminar ini, para peserta terlihat antusias dan bersemangat. Hal ini terlihat dari bagaimana para peserta terlibat aktif dalam setiap role play yang diinstruksikan oleh pembicara. Para peserta juga aktif bertanya, berbagai cerita tentang lembaganya, serta menyimak setiap materi yang diberikan.

Pemberian Kenang-kenangan oleh Ketua STITMA dan Ketua LP Ma’arif NU kepada Pemateri
Foto Bersama Pemateri

Acara seminar entrepreneurship ini ditutup dengan doa serta pemberian kenang-kenangan kepada pembicara, Drs Muh. Molik Latief Cht. MNLP. Ketua STITMA berharap, di masa mendatang bisa mengadakan acara-acara serupa dengan pembicara-pembicara yang berbeda agar bisa meningkatkan kualitas SDM-SDM yang ada, baik di lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan LP Ma’arif NU maupun mahasiswa STITMA sendiri.

Pengambilan Sertifikat Seminar Nasional Pendidikan Entrepreneur

 

Leave a Comment